Berikut Adalah Tips Membeli Komponen PC Berkualitas Agar Worth It Untuk Dibeli!

Menyeleksi dan mempelajari komponen-komponen PC yang hendak kamu beli adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Bukan tanpa sebab, karena dibanyak toko di Indonesia tercinta ini seringkali menerapkan “jebakan” mereka. Para toko computer biasanya memasangkan beberapa komponen yang harusnya tidak dipasangkan. Sehingga terkesan mubazir untuk pemilihan komponen untuk merakit pc tadi. 

Thumbnail Membeli Komponen PC


Sebagai contoh, kamu ingin membeli PC seharga 10 juta. Pihak toko pun merekomendasikan rakitan 10 juta dengan spesfikasi Intel Core I7-7700K dengan VGA Nvidia gt 1030, ram vgen 8 gb, casing dazumba sudah dengan psu. Sebuah kesalahan total jika kalian jadi membeli rakitan tadi. Ya dipikir coba, masa Prosesor high profile seperti i7 7700k disandingkan dengan vga rendahan seperti gt 1030 serta di bekali dengan power supply bawaan casing dazumba? Itulah yang saya takutkan. Semoga para pembeli tidak termakan rayuan toko yang seperti itu. 

Nah, maka dari itu, Dericksoft akan memberikan tips-tips bagaimana, sih, membeli komponen PC yang tepat, berkualitas, bagus, dan juga worth it? Simak baik-baik. 

1. Perhatikan Budget Yang Dimiliki

Uang

 

Poin pertama yaitu dana yang kalian miliki. Maksudnya disini kalian ingin merakit PC dengan harga berapa. Sebagai contoh, kalian memiliki dana sebesar 5 juta. Kalian dapat menyeleksi komponen yang diinginkan, sesuai budget yang kalian punya. Jangan sampai kalian hanya memiliki budget 5 juta tapi ingin rakitan ryzen threadripper dan rx 580. 

2. Processor dan Motherboard

motherboard

 

Poin kedua adalah memilih prosesor. Disini brand prosesor yang sangat terkenal adalah duo Intel dan AMD. Yang aku maksud disini adalah pemilihan prosesor berdasarkan budget dan socket serta RAM. Untuk budget low kalian harus bisa menyeleksi komponen apa yang akan kalian pilih. Begitu juga budget menengah dan atas. Untuk socket, kalian harus bisa membedakan antara socket intel dan AMD, karena jika dipasang bukan pada socketnya, prosesor ini tidak akan bisa dipasang. Untuk RAM pun juga ada kategorinya. Socket AMD Ryzen ada ram khusus, namun ram ddr4 biasa pun bisa dipasangkan. 

Untuk motherboard sendiri adalah sama seperti prosesor yaitu socketnya dulu yang diperhatikan. Jika kalian ingin AMD Ryzen , pilih socket AM4, jika kabylake, pilih socket 1151. Pemilihan Motherboard juga harus memperhatikan fitur. Jika kalian memiliki budget terbatas, maka fiturnya pun terbatas pula. Lain halnya jika kalian memiliki uang yang banyak. Kalian bisa memilih mobo dengan fitur OC, LED RGB, dan masih banyak lagi. 

3. RAM, Harddisk, dan SSD

hdd ssd

 

Untuk pemilihan RAM, sesuaikan slot DDR yang dimiliki motherboard. Jika mobonya DDR3 , belilah ram yang DDR 3. Jika DDR4, beli ram ddr4. Begitu seterusnya. Dan juga sesuaikan budget tentunya. Pakai RAM yang dual channel juga, agar kinerjanya lebih optimal dan powerful. Untuk estetika kalian juga wajib memilih ram yang memiliki LED RGB. Sekarang banyak sekali dijumpai RAM yang ber LED RGB. 

Untuk harddisk dan SSD, menurut aku sih ini tergantung budget juga. Jika kalian ingin press budget, kalian cukup ambil HDDnya saja. Toh juga SSD bisa ditabung kedepannya. HDD yang cukup untuk menyimpan game jaman sekarang adalah minimal 1 TB. Namun jika ingin game esports saja maka ambil 320 gb atau 500 gb. Performa gamenya pun mungkin tidak akan menurun. 

Untuk SSD, ini yang optional, kalian bisa membeli SSD terlebih dahulu saat merakit PC, jika ingin booting lebih cepat, ingin kinerja PC lebih maksimal, serta ingin install OS dan software penting di SSD. SSD yang murah berkualitas seperti merk Galax 120 gb hanya 500-600 ribuan saja. Jika kalian ada uang lebih, kalian bisa pilih keduanya. Beli HDD 1 TB untuk multimedia dan game, serta 120 gb untuk OS dan software vital di PC kamu. Take it easy, guys. 

4. Power Supply

psu

 

Ini adalah jantungnya PC. Power Supply mempunyai peran paling vital di PC. Jika PSU nya jelek, abal-abal, jelek, maka daya tahan PCnya pun jelek pula. Sebagai contoh kalian membeli PC dengan casing dan psu yang sepaket. Misal psu dari Armageddon/simbadda. Dijamin, kalian tidak akan nyaman untuk bermain game dengan lama dengan psu tersebut, karena efisiensi dan kinerjanya yang gajelas. 

Tipsnya adalah, membeli PSU sesuai dengan keperluan. Jika PC kalian memakan daya hingga 200W-300W, maka kalian hanya perlu membeli psu 450W saja. Tidak usah sampai 1000W segala. Yang kedua, adalah membeli PSU bersertifikasi 80+, terutama untuk low budget gamer. Maksud dari 80+ adalah kemurnian dari PSU tersebut. Jika psunya 80+ bronze, maka kemurniannya 80%, jika 80+ silver, maka kemurniannya 82%. Itu yang aku tahu tentang certified power supply. Jika salah kalian bisa menambahkan di komentar. FREE 100%. 

5. Casing

casing

 

Pilihlah casing yang sesuai selera kamu. Jangan maksain Casing yang jelek. Tergantung selera kamu. Namun, ada beberapa kriteria wajib jika ingin memilih casing. Contohnya adalah PSU cover untuk melindungi psu, side window, untuk menambah estetika, jumlah slot fan, untuk mengatur ruang udara didalam case, serta bentuk dari case itu sendiri. Untuk memilih casing juga perlu melihat ke budget kalian lho, jika budget kalian mentok 400 ribu, carilah casing yang bener-bener bagus di range harga400 ribu, dengan fitur yang berlimpah. 

6. Simulasikan sendiri PC Idamanmu

simulasi

 

Saat ini, kalian bisa simulasi sendiri komponen-komponen PC yang ingin dibeli. Contohnya adalah ada aplikasi RAKIT PC. Aplikasi ini secara gratis bisa didownload di play store. Adalagi website namanya enterkomputer.com, yang kalian bisa mensimulasikan PC Idaman kalian. Semua komponennya ada harganya lho, jadi kalian bisa menentukan anggaran yang harus disiapkan. Disana juga disebutkan dengan detail, lho, apasaja yang terkandung didalamnya. Misal prosesor, akan dijelaskan socket 1151, 1150, 1155, AM4, FM2+, dan lain-lain. Pokoknya, jika kalian ingin rakit pc, wajib untuk simulasi disini. 

7. Sharing di Grup Seputar Rakit PC dan Komponen PC

Sharing di grup
JKPK DI FACEBOOK

 

Ini kalian juga bisa lakukan, untuk meminimalisir kebingungan kalian akan dunia PC. Contohnya, kalian bisa sharing dan Tanya-tanya di grup Jagat Konsultasi Pembahasan Komputer (JKPK) yang ada di FB. Disana kalian akan dibantu sesame user FB dan sesama manusia untuk mejelaskan komponen yang kalian tanyakan, atau sekedar merekomendasikan rakitan PC dengan budget yang berbeda. Grup lain adalah Rakit PC Indonesia di FB pula, kalian bisa join untuk sharing dan berbagi ilmu sesama perakit PC. 

8. Melihat Video Rakitan PC Di Youtube 

Video rakitan pc
https://www.youtube.com/channel/UCbxCMitq61iQOq8jvLH_vdQ

 

Saat ini banyak sekali youtuber techno dari Indonesia yang sering merakit PC. Youtuber andalan aku adalah Cuaks. Disini Cuaks sering sekali merakit PC dengan komponen yang berbeda-beda. Kalian bisa mempelajari komponen itu semua perlahan-lahan dengan menonton video dari Cuaks. Budgetnya pun bermacam-macam, mulai dari 3 juta sampai 30 Juta. Disini cuaks juga merupakan seorang reviewer equipment gaming serta part PC. 

Youtuber lain yang sering aku tonton adalah milik Bang Rendy Adha, sekilas IT. Disini kalian akan disajikan tentang cara memilih Part PC, merakit PC, tips tips rakit PC, dan masih banyak lagi. Bang rendy ini juga pernah, lho, membeli Iphone X dengan menggunakan uang koin!
Nah, semoga tips diatas dapat bermanfaat buat teman semuanya. Jangan lupa share terus artikel ini ya.

0 Response to "Berikut Adalah Tips Membeli Komponen PC Berkualitas Agar Worth It Untuk Dibeli! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel