Siapa Yang Peniru Nih? 12 Hero di Mobile Legends Ini Mirip Banget Dengan Hero Dota 2!

Baca Juga

Fenomena Mobile Legends di Tahun 2017 ini cukup menjadi trending topic viral di Indonesia. Game bergenre Multiplayer Online Battle Arena ini sukses bercokol di tangga teratas di playstore. Game-game lainnya seperti KOG, AOV, dan game moba lainnya pun turut meramaikan industry game mobile di tahun 2017 ini. Alhasil, istilah MOBA KOK ANALOG pun turut muncul. Hal ini mungkin dikarenakan kontrolernya yang menggunakan analog, Berbeda dengan moba di pc yang menggunakan keyboard/mouse.



Di Mobile Legends sendiri memiliki banyak sekali pilihan hero yang beragam serta bermacam-macam skill, serta role. Contohnya adalah Marksman, marksman adalah role untuk hero-hero ranged. Lalu add tank, yang selalu jadi intitiator saat war, ataupun menjadi tumbal bagi timnya. Lalu ada assassin, yang bertugas untuk melumpuhkan musuh dengan cepat, serta masih banyak lagi.

Namun, dibalik itu semua, terdapat beberapa hero Mobile Legends yang hampir sama, atau bahkan sama dengan hero-hero di Dota 2. Dota 2 sendiri adalah Game MOBA PC terpopuler yang dirilis tahun 2011, versi 3d dari Dota 1. Di Dota ini terdapat ratusan hero yang sangat beragam. Nah, apakah hero Mobile Legends ini memang terinspirasi dari hero-hero di Dota 2, sehingga para developernya menggunakan konsep di hero dota 2 untuk membuat sebuah hero? Yang akan kita bahas disini adalah kemiripan skill serta kemiripan visual ya!

Berikut adalah 12 Hero di Mobile Legends Yang Mirip Banget Dengan Hero Dota 2 :


1. Axe dan Balmond


Untuk player dota 2 sendiri tidak asing dengan Axe, salah satu hero Tanker paling populer di dota 2, dan sering sekali di pick, untuk menginisiasi war ataupun menjadi pelindung tim saat war. Balmond pun player ML mungkin sudah tidak asing lagi. Sama dengan dota 2, Balmond memiliki role tanker atau fighter, yang bertugas sama seperti Axe di dota 2.

Namun, terlihat kemiripan yang sangat mencolok diantara kedua tanker ini. Axe dan Balmond sama-sama membawa kapak, serta perawakan wajahnya yang terlihat ganas dan menakutkan. Belum lagi ulti axe dan ulti balmond itu kurang lebih sama, yaitu melontarkan pukulan keras ke lawan dengan damage yang sakit.

2. Mirana dan Irithel


Selanjutnya ada Mirana dan Irithel. Mirana adalah hero penunggang singa dan bersenjatakan panah di dota 2. Hero ini sangat fleksibel, karena dapat menjadi Support ataupun Carry tergantung komposisi dan situasi tim. Hero ini memiliki skill kabur, Moonlight Shadow, yang menjadikan teman satu tim menjadi invisible. Bisa juga digunakan untuk inisiasi war. Mirana juga memiliki Skill Leap, yaitu melompat, yang dapat menambah movement speed seketika.

Irithel? Sangatlah mirip dengan si Mirana ini. Irithel juga menunggang singa, juga memakai panah. Skill 1 nya pun sama dengan mirana, intinya menjatuhkan sesuatu dari atas. Kalau mirana itu semacam cahaya gitu, kalua irithel adalah panah. Ultinya Irithel ini sama seperti skill 3 Mirana, yaitu Loncat.

3. Invoker dan Estes


Siapa sih yang gak kenal dengan In (J) voker? Invoker adalah salah satu hero nuker terbaik di dota 2, karena memiliki 10 Skill yang masing-masing dihasilkan dari menggabungkan rumus Quas, Wex, Exort serta dikunci oleh Invoke, Ultimate dari si Invoker ini. Invoker merupakan hero midlaner terpopuler di dota 2 karena kelengkapan skillnya itu, dia dapat melakukan solo kill sendirian tanpa bantuan roamer. Namun, jika ada player yang gagal menggunakan invoker ini, sebagai contoh kill sedikit, ataupun slowhand saat mengeluarkan skill, maka akan dijuluki sebagai Injoker.

Kalau estes ini adalah salah satu hero support terbaik di Mobile Legends, namun jarang dipick untuk sekarang ini. Estes dapat melakukan heal kepada kawan setim, sehingga kawan kita tidak akan mudah mati.
Kemiripan Invoker dan Estes terletak di perawakan serta wajahnya. Wajah kedua hero ini hamper sama, yaitu berwujud Elf Ganteng. Namun bedanya Invoker dikelilingi oleh Orb untuk mengeluarkan skill, sedangkan estes membawa buku.

4. Pudge dan Franco


Pudge terkenal sebagai the butcher atau si pencacah daging. Hero ini sangat sering dipick oleh para player dota 2 karena memiliki Meat Hook, skill yang dapat menculik musuh untuk dimakan pudge lewat ultinya, Dismember. Pudge sendiri dikenal sebagai salah satu roamer terbaik di dota 2 (kalua pilotnya pro). Pudge juga akan keluar arcana nya lho, tapi belum diumumkan tanggal rilisnya.

Di Mobile Legends, ada Franco. Skill 1nya sama dengan Pudge yaitu mengeluarakan kail atau hook. Skill 2 nya hamper sama dengan Pudge yaitu membuat slow musuh sampai sekian persen. Sedangkan ulti Franco pun aku rasa sangat sama dengan skill ultimate Pudge. Kedua skill ini membuat musuh tidak dapat bergerak, atau sering disebut stunned. Jadi, mungkin developernya sangat menyukai Pudge sehingga dibawa sampai ke Mobile Legends.

5. Sun dan Monkey King


Mungkin si monyet satu ini memang harus menghiasi game-game moba di dunia. Sebut saja LoL, Dota 2, ML hingga AOV menggunakan monyet ini sebagai referensi hero. Di Dota 2, hero ini baru saja rilis satu tahun silam, bertepatan dengan patch 7.00 dota 2. Di dota 2, monyet ini mempunyai 6 skill, ada yang aktif dan pasif. Yang aku suka dari monyet ini dia dapat berkamuflase menyerupai pohon ataupun benda-benda lainnya, sehingga dapat kabur dengan mudah.

Sedangkan sun di Mobile Legends mempunyai skill menggandakan dirinya sendiri, kalua gak salah itu skill ultimatenya. Namun, ada kemiripan di kedua hero ini, yaitu skill 1 Monkey king serta skill 1 Sun, yang dapat membuat musuhnya tidak dapat bergerak atau terkena stun dengan mengayunkan tongkat.

6.Drow Ranger dan Miya


Di Dota 2, Drow ranger ditampilkan dengan sosok pemanah sangar berwajah perempuan, yang dikenal sebagai traxex. Drow mempunyai skill set yang simple, yaitu panah es, gust, serta 2 skill pasif lainnya. Jujur aku gak terlalu suka hero yang satu ini karena terlalu gampang.

Di Mobile Legends sendiri ada Miya, yang kata aku sih mirip dengan Drow Ranger, sebut saja skill 2 nya yang membuat musuh slow, hamper sama dengan panah es milik drow ranger. Namun bedanya disini adalah Miya dapat menjadi invisible, sedangkan drow ranger tidak memiliki skill escape.

7. Puck dan Alice


Di dota 2, puck digambarkan dengan sosok kupu-kupu yang lucu menggemaskan dengan suaranya yang imut. Namun itu semua adalah tipuan. Puck memiliki skill spell yang sangat sakit, akan sangat merepotkan kamu yang satu lane dengan si puck ini. Puck sendiri merupakan hero terlicin di dota 2, maksudnya adalah dapat kabur atau memiliki skill escape yang bagus. EZ ESCAPE NOOB!

Namun untuk alice, hero ini digambarkan menyerupai Dracula/vampire haus darah, namun juga cantik. Hero ini memiliki skill set yang hampir sama dengan Puck. Mulai dari skill 1 nya, yang keduanya mengeluarkan semacam Orb, lalu dapat teleport di Orb tersebut. Lalu, skill ultinya itu seperti mengikat musuh di satu titik yang dekat.

8. Timbersaw dan Fanny


Di dota 2, rizzrack digambarkan dengan sosok troll yang konyol serta pengendali robot. Robot itu mempunyai skill yang dapat mondar-mandir dipohon, skill chakram yang dapat memberikan DPS yang sakit terhadap musuh, serta pasifnya yang jika timbersaw terkena damage physical, maka armornya akan bertambah 1.

Sedangkan di Mobile Legends, fanny digambarkan dengan assassin cantic namun gesit, serta hero yang dapat melakukan instant kill secara sadis. Hero ini sangatlah lincah namun sangat sulit dipakai karena skill 2 nya, yang membuat fanny menancapkan tali-talinya ke tembok atau tower untuk kabur ataupun mengejar musuh. Hal ini menyebabkan fanny menjadi hero tersulit di Mobile Legends.

Lantas, apa yang mirip? Yang mirip adalah kedua skill Timbersaw dan fanny yaitu yang dikatakan mirip jika dilihat, yaitu seperti menggunakan tali untuk bergelantungan. Namun bedanya timbersaw menggunakan pohon untuk tumpuan, sedangkan fanny mengandalkan terrain/tembok ataupun tower.

9. Abaddon dan Argus


Abaddon di dota 2 digambarkan dengan sesosok pendekar ksatria kuda kegelapan yang katanya adalah reinkarnasi dari omniknight. Tapi gak tau juga sih. Abaddon mempunyai role support atau tanker, yang membuat hero ini menjadi popular dikalangan user tanker. Selain tanker, hero ini dapat bertugas sebagai carry di tim.

Sedangkan argus di Mobile Legends adalah hero Fighter, dapat juga menjadi Tanker serta assassin. Argus tergolong hero baru karena baru saja dirilis beberapa bulan yang lalu. Hero ini sangat popular karena skill ultimatenya yang sama dengan Abaddon, yaitu jika sudah kritis, dan argus menyerang lawannya, maka HP Argus akan bertambah sesuai damage yang dihasilkan ke musuh. Namun berbeda dengan Abaddon, HP Abaddon akan bertambah jika dia terkena damage dari musuh, tergantung berapa damage yang diberikan.


10. Centaur Warrunner dan Hylos


Centaur dan Hylos digambarkan sebagai Centaur, yaitu Manusia setengah singa ataupun manusia setengah binatang. Keduanya pun memiliki role sama, yaitu Tanker. Centaur sendiri masih sering aku jumpai di dota 2, karena skillnya yang sangat membantu tim saat kabur ataupun saat inisiasi war. Berbeda dengan Hylos, yang sekarang jarang dipakai, mungkin dikarenakan player ML jarang ada yang mau menjadi tanker.

Centaur Dan Hylos memiliki penampilan yang hampir sama, yaitu sebagai manusia setengah binatang. Centaur warrunner digambarkan sebagai orc kejam yang menyerupai centaur, sedangkan hylos digambarkan sebagai sosok centaur mirip unicorn, dapat dilihat dari tanduknya.

11. Crystal Maiden dan Odette


Di dota 2, CM adalah support terpopuler saat ini. Crystal Maiden adalah sosok putri es yang cantik dan mematikan, yang dapat membuat musuh membeku dengan skill-skillnya. Contohnya adalah frostbite, yang membuat musuh membeku selama 3 detik, serta skill ultimatenya yaitu freezing field yang membuat musuhnya terkena Damage per second yang sakit serta efek slow.

Sedangkan Odette di Mobile Legends digambarkan dengan hero cewek cantik. Odette adalah hero mage paling populer yang dipick di ranked game. Bukan karena apa, hero ini memiliki skill yang sangat bermanfaat untuk tim, sebagai contoh dapat mengikat musuhnya seperti skill Crystal maiden yang dapat membuat musuhnya membeku. Serta skill ultimatenya menyebabkan damage untukmusuh yang sangat sakit serta efek slow, ya kurang lebih sama dengan crystal maiden.

12. Riki dan Natalia


Riki adalah hero tercupu di dota 2. Karena apa? Bisanya Cuma ngilang mulu. Ga berani tampil langsung saat war. Dan riki hanyalah pengganggu saat war lewat skill 1 nya smoke bomb yang menyebabkan efek silence serta evasion. Riki sangat bersahabat dengan newbie karena termasuk hero yang mudah digunakan. Ciri khas rikia dalah menghilang. Yap, invisible selamanya, kecuali saat dia melakukan hit. Bagaimana cara mengatasinya? Sediakan sentry, gem atau dust. Dijamin, hero banci ini akan mati kehabisan oksigen.

Sedangkan Natalia adalah hero assassin licin di Mobile Legends. Hero ini mempunyai skill pasif yang dapat membuatnya menghilang setelah 3 detik saat diam di rumput. Hampir sama dengan riki kan? Namun bedanya riki tidak memakai rumput. Natalia akan visible jika tidak sengaja ataupun sengaja terkena hit. Jadi, Yi Sun Shin lah counter yang tepat untuk Natalia.

Jangan gampang trigerred karena judulnya ya, HEHE.

Disqus Comments